Keterbatasan lahan ruang luar tersebut menyebabkan halaman rumah maupun kantor sekalipun menjadi sempit dan sangat terbatas.  Namun keterbatasan lahan ini tidak menyurutkan warga kota untuk menampilkan taman sehingga suasana rumah/ kantor lebih ‘hijau’ dan dingin.  Salah satu konsep taman yang saat ini sedang marak dan menjadi perhatian masyarakat luas adalah penggunaan vertical garden atau seringkali disebut taman tegak.

vt

Vertical garden sendiri merupakan perluasan dari vertikultur yang sudah banyak di aplikasikan di Indonesia dengan menanam sayuran pada media tanam tanah (atau media lainnya) pada sebuah pot atau wadah  yang ditata secara vertical.  Khusus untuk vertical garden ini dibuat dengan tanaman hias disertai dengan desain tata letak yang cantik dan indah menyesuaikan bentuk ruang.

bbb

Sumber foto : verticalgardenvga.blogspot.com

Sistem vertical garden yang paling murah dan mudah untuk diaplikasikan sebenarnya adalah dengan menggunakan sistem kantong baik yang terbuat dari lembaran filter geotextile maupun bahan screen. Bahan bahan ini digunakan karena sifatnya yangmampu menahan media tanam tetapi air masih bisa tembus untuk sistem pengairan media.  Sistem kantong bisa dibuat secara mesin dengan mesin jahit khusus bahan tebal (missal bahan kain jeans atau mesin jahit terpal) maupun dengan sistem jahit tangan. Gambar 3 menunjukkan sistem jahit dengan mesin khusus untuk luasan vertical garden yang relative kecil

Dan biasanya terbuat dari Geotextile Non Woven yang di bentuk menjadi kantung kantung , untuk meletakan tanaman atau media tanam tersebut . PT . Tiga Pilar  Menyediakan dan mendistribusikan kantung vertical garden atau verticulture .

 

vv

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com