Roof Garden atau Taman Atap adalah sebuah taman yang berada di atas dak atau atap . karena berada di atap pembuatan dan penanganannya pun berbeda dengan taman landscape . karena di butuhkan perhitungan yang sangat baik dan material pendukung juga guna mencegah terjadinya banjir atau bocor pada lapisan cor atau bawah . dan di gunakanlah material enteng/ringan utk roof garden (taman atap) kini telah berkembang sejalan dengan perkembangan serta timbulnya kesadaran akan pentingnya penghijauan pada lingkungan sekitar. Khususnya di kota-kota besar, fungsi dari roof garden (taman atap) amat berkontribusi dalam usaha penghijauan (go green).

Tekhnologi Struktur Roof Garden

Pada struktur media tanam roof garden (taman atap), salah satu bahan yang dipakai adalah batu kali. Material ini diinstal satu pasang dgn ijuk, akan ditaruh pada atas plat beton, sehabis geomembrane waterproofing. Kegunaannya yakni membuat bentuk berongga-rongga di lapis media tanam, dengan demikian air pada permukaan media bisa mengalir menuju bawah. Lalu, ijuk yg telah diletakkan pada bagian atas lapis bau kali, benda ini berperan sebagai penyaring (filter), yakni mampu mengalirkan air menuju bawah akan tetapi butiran-butiran media tanam tertahan supaya tak menyumpal/menyumbat lubang pembuangan.

Namun, pemakaian batu kali dengan tebal 20 centimeter itu dapat meningkatkan beban/berat plat beton menjadi lebih berat. Oleh karena itu, roof garden (taman atap) modern atau roof garden ekstensif, batu kali serta ijuk tak dipakai lagi. Untuk itu, drainage cell digunakan sebagai pengganti material-material tersebut.  Drainage cell ini umunya di jual dalam 1 paket dgn lapisan kain kelambu yg disebut geotextile, dan berguna sebagai penyaring (filter) sebagai ganti dari ijuk.

.

Drainage Cell Ringan Serta Kuat

Drainage cell merupakan salah satu material yg diciptakan dengan menggunakan material geocomposite. Material geocomposite ini dibuat dari bahan plastic High density Polyethylene (HDPE) yg bersifat elastic akan tetapi kuat. Disamping sebagai drainage cell, plastic HDPE umumnya digunakan untuk pekerjaan lanskap lainnya, misalnya paving grass serta pengganti grass block dari beton dan lain sebagainya.

sdsd

Drainasi permukaan drainage cell

drgnbc

Aplikasi Taman Drainage Cell

drn

Drainage Cell di gunakan di bawah rumput

High Density Polyethylene memiliki keelastisan yang membuat drainage cell bisa dibentuk dalam bermacam-macam bentuk. Material ini mempunyai tebal 1 cm dgn berat sekitar 1 kg/m2. Sedangkan yg berbentuk panel-panel (50cm x 50cm) mempunyai ketebalan 3 cm dgn berat dari 2,5 sampai 3 kg kg/m2 . Coba bandingkan apabila memakai batu kali yang memiliki tebal 15 sampai 20 cm, mampu menambah berat/beban pada plat beton 100 sampai 159 kg/ m2.

Biasanya drainage cell dengan tebal 1 cm dipakai untuk tanaman yang mempunyai akar dangkal/ pendek, contohnya tanaman groundcover. Sementara, untuk ketebalan tiga centimeter utk tanaman berakar dalam, misalnya tanaman-tanaman berkayu.

Drainage Cell Mudah Untuk Diinstal

Keunggulan lain yg dimiliki drainage cell yakni mudah untuk diinstal. Drainage cell yang memiliki bentuk berupa lembaran, cukup diletakkan/digelar diatas plat beton, seprti menggelar karpet. Di bagian lubang pembuangan air, drainage cell dipangkas menyamai ukuran diameter pada lubang. Kemudian lubang pembuangan tersebut diberi kawat supaya dapat menahan lembaran geotextile.

Drainage cell mempunyai bentuk panel-panel berukuran 50 cm x 50 cm, anda hanya harus meletakkan/ menyusun panel – panel tersebut sampai menutupi permukaan lantai. Menggabungkan drainage cell dengan drainage cell yang lain, dengan mengaitkan serta mengunci pengait yg sudah tersedia di setiap masing-masing panel.

Drainage Cell Mampu Menampung Air

Drainage cell tak Cuma hanya mengalirkan air dari atas permukaan media tanam kebawah, akan tetapi terdapat juga yg bisa menampung/menyimpan air. Air yg mengalir dari atas, sebagian banyak disimpan di dasar cell yg mempunyai bentuk layaknya mangkuk. Material ini umumnya dipakai untuk roof garden, yang mana tanamannya memerlukan kelembaban pada sistem perakarannya.

PT TIGA PILAR UTAMA KARYA SENTOSA Sebagai Supplier dan Distributor Material Geosynthetic menjual Drainage Cell untuk pengunaan taman atap . anda dapat memesan dan silahkan hubungi marketing kami

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi kami di :
PT. TIGA PILAR UTAMA KARYA SENTOSA
Jl. Sutera Timur Sutera Renata 3B No. 29 Tangerang
Phone : 021-29213777 (Hunting)
WhatsApp  : 0856 10 88884 – 0853 11  888884
Email : info@tigapilar.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com