Konsolidasi Tanah Adalah Suatu proses pemampatan tanah, dan berkurangnya volume pori dalam tanah. hasilnya daya dukung tanah bertambah. namun, sebelum proses ini berhenti / selesai, maka tidak boleh terdapat bangunan di atasnya.
secara normal, proses konsolidasi ini bisa memakan waktu tahunan bahkan puluhan tahun, tentunya hal ini sangat tidak menguntungkan dihitung dari segi waktu. tetapi jika dipaksa dengan didirikan bangunan diatasnya, maka akan menjadi ancaman dimana akan terjadi keruntuhan bangunan akibat dari proses konsolidasi.
contohnya yang jelas bisa dilihat adalah menara Pisa di Itali

menara pisa
menurut banyak sumber, kemiringan menara Pisa ini diakibatkan oleh tanah yang tidak stabil.
bersyukurlah karena menara ini dibangun secara bertahap dan sempat beberapa kali perbaikan mengikuti kondisi bangunan, sehingga tidak runtuh
tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi pada bangunan – bangunan yang vital seperti Bandara, Rumah Sakit, Gedung bertingkat dan banyak lagi.
lalu bagaimana solusinya ? Mempercepat Konsolidasi sebelum membuat bangunan di atasnya, sehingga tidak lagi terjadi penurunan tanah setelah bangunan berdiri.
caranya ? ada beberapa cara, tergantung dari jenis tanah yang akan di konsolidasi :
Untuk tanah yang berpasir, biasa digunakan cara dynamis, bisa dengan cara menjatuhkan beban berat dari ketinggian tertentu
untuk tanah lunak bisa menggunakan Stone Column, mengganti material tanah lunak. namun saya sangat menyarankan menggunakan system PVD (Prevabricated Vertika Drain) dikarenakan dihitung terhadap efisiensi harga dan kecepatan dalam tercapainya konsolidasi bisa lebih cepat dibandingkan beberapa cara lain.

picture2
Bagaimanakah sistem kerjanya ? secara teori, saat tanah dibebani diatasnya, maka air pori yang berada pada tekanan tinggi akan mencari pori bertekanan rendah dengan jarak lintasan terdekat, fungsi PVD tersebut adalah menyiapkan tekanan rendah pada tubuhnya sendiri, yang kemudian akan mengalirkan keatas karena tekanan air dibawah lebih tinggi daripada tekanan diatas, dengan pemasangan PVD dengan jarak yang dekat, jarak lintasan airpun menjadi lebih pendek, namun perlu diperhatikan juga, jarak PVD tidak boleh terlalu dekat karena akan merusak kondisi tanah saat pemancangan.
dengan PVD ini kecepatan konsolidasi tanah dapat dipercepat, yang mana biasanya butuh 10 tahun, maka dengan PVD bisa dipercepat menjadi kurang dari 1 tahun dengan besar pembebanan yang sama.

Article From :soapli.blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com